Rabu, 03 April 2013

Hujan Asam

Hujan asam adalah hujan dengan pH air kurang dari 5,7. Hujan asam biasanya terjadi karena adanya peningkatan kadar asam nitrat dan sulfat dalam polusi udara. Hal ini biasanya terjadi karena peningkatan emisi sulfur dioksida (SO2) dan nitrogen oksida (NOx) di atmosfer. Gangguan  ekosistem terutama terjadi bila diudara terhadap bahan pencemar berupa Gas S02 (Sulfur Oksida) dan gas Nox (Nitrogen oksida) diudara.
Gas S02 diudara umumnva berasaldari bahan bakar yang mengandung sulfat (batu bara dan minyak bumi) gas S02 diudara bereaksi dengan air atau taut pada tetesan membentuk H2 SO4 yang merupakan komponen utama dari hujan asam. dengan cara yang lama, gas NOx diudara bereaksi dengan uap air atau larut pada tetesan air membentuk HNO3 yang juga merupakan komponen utama dari hujan asam. Hujan asam bersifat hirosif sehingga dapat mengoksidasi
bendabenda yang kontak dengannya. Selain itu juga hujan asam mengakibatkan  terjadinya perubahan yang pada bahan air dan tanah yang dilaluinya sehingga terjadi perubahan keseimbangan dalam.
Hujan asam memberikan dampak negative terhadap berbagai aspek kehidupan, terutama pada kesehatan manusia. Banyak penyakit yang disebabkan aki bat hujan asam :
  • Karbon Monoksida (CO), mengganggu konsentrasi dan refleksi tubuh,menyebabkan kantuk, memperparah penyakit kardiovaskular/jantung.
  •  Sulfur dioksida(SO2), meningkatkan penyakit paru2,
  • Natrium oksida (NO), meningkatkan mortalitas terutama pada bayi dan balita, serangan asma, dan penyakit paru2 kronis.
  • Menipisnya Lapisan ozon (O3), menyebabkan iritasi mata, gangguan pernafasan, menurunkan daya tahan tubuh terhadap flu,dan pneumonia/paru2 bassah


Hujan Asam Pemicu Pneumonia (Paru-paru Basah)



Pneumonia adalah infeksi saluran pernafasan akut bagian bawah yang mengenai parenkrim paru, berlangsung selama musim dingin atau hujan. Yang dimaksud dengan pneumonia menurut penelitian adalah suatu peradangan parenkim paru yang dapat disebabkan oleh mikroorganisme seperti virus, fungi, parasit, dan benda-benda asing.


Virus sensitial pernapasan (respiratory syncitial virus atau RSV), painfluenzae, influenza, dan adenovirus merupakan yang paling kerap menyebabkann pneumonia. Pneumonia muncul  karena kuman penyakit terhirup oleh hidung dan muluut.
Pneumonia  atau paru2 basah bersifat akut, apabila daya tahan tubuh lemah maka nanah dan cairan akan memenuhi paru2 shg oksigen di sel tbuh berkurang dan tidakdapat bekerja akibatnya akibatnya terjadi penyebaran infeeksi ke seluruhh tubuh dan jika penyakit ini terus dibiarkan akan berakibat fatal atau kematian.

Metode Pencegahan

Parahnya penyakit ini disebabkan oleh beberapa factor,termasuk usia,jenis kelamin,musim,lingkungan,dan kepadatan penduduk.Namun beberapa kasus menyebutkan bahwa pneumonia tidak disebabkan infeksi mikroorganisme.Bisa terjadi akibat aspirasi makanan/asam lambung,benda asing,hidrokarbon,bahan lipoid,reaksi hipersensitivitas saluran nafas,akibat obat,dan radiasi.Pencegahan untuk terhindar dari penyakit ini adalah:
  •           Menjaga kebersihan lingkungan tmpat tinggal terutama dari polusi udara
  •           Hindari rokok dan penderita batuk
  •           Sebisa mungkin dalam darah tidak mengandung senyawa timbal (Pb) atau senyawa lain yg berbahaya
  •           Pemenuhan gizi seimbang


1 komentar:

  1. BetMGM Casino NJ » Get $1,000 Bonus + $1,000 Free
    › › Sportsbook › 충주 출장마사지동두천 출장안마 Sportsbook Sportsbook BetMGM is an online sportsbook 울산광역 출장안마 with great rewards and bonuses for existing users. This online betting 영천 출장마사지 site was designed to cater for American players 제주 출장샵 in

    BalasHapus